MENGENAL APA ITU EDITORIAL PLAN
Halo teman-teman semua bagaimana kabar kalian? semoga keadaan kita sehat selalu ya. dan saya tidak akan bosan untuk selalu mengingatkan teman-teman untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Untuk pembahasan kali ini saya akan membahas tentang Editorial Plan. Mungkin sebagian teman-teman yang lain asing dengan kata tersebut maka dari itu disini saya akan membahasnya.
APA SIH EDITORIAL
PLAN ITU?
Editorial plan adalah alat yang digunakan untuk mengontrol
seluruh jenis publikasi konten dalam beragam media, seperti koran, majalah,
blog, email marketing, dan berbagai jenis media lainnya.
MENGAPA EDITORIAL PLAN
ITU PENTING?
Di era digital, di mana informasi bisa datang dalam beragam format dan sumber yang makin beragam, perencanaan yang baik sejak awal menjadi kunci dalam memenangkan persaingan. Perencanaan editorial ada di titik-titik awal dari proses dan strategi content marketing tersebut. Inilah yang membuat proses perencanaan editorial penting. Di perencanaan editorial inilah mulai diidentifikasi siapa target pembaca kita. Personifikasi target pembaca yang tepat diperlukan supaya kita dapat mengemas informasi yang akan disajikan dalam format yang pas. Misal, seperti apa cara bertuturnya, juga gaya bahasa yang sebaiknya digunakan. Proses di tahap ini juga menentukan saluran distribusi apa yang mesti dipilih sebagai prioritas untuk mencapai target audien yang optimal. Dengan menggunakan kalender editorial, Anda tentu akan dapat menghadirkan konten secara rutin dengan tema dan topik yang berbeda-beda dan Anda bisa memantau traffic hingga jumlah klik setiap artikel untuk sesuaikan kembali dengan kalender editorial selanjutnya. Hal ini juga akan mempermudah ketika menyusun laporan performance dari blog bisnis Anda setiap bulannya.
BAGAIMANA PENERAPAN
EDITORIAL YANG BENAR DAN CONTOHNNYA
Sebelum membuat editorial plan kita harus membuat OKR (Objective and Key Results) terlebih
dahulu. Jika anda bingung apa itu OKR anda bisa melihat blog saya yang
sebelumnya membahas tentang apa iu OKR, Setelah membuat OKR baru kita membuat
editorial plan nya. Contoh :
Objective : Menjadikan brand pakaian executive sebagai brand
local dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau yang membuat konsumen
seperti memakai pakaian branded ternama
Key and Results :
- Memberikan harga yang ramah dengan kualitas terbaik
- fashion baju yang terus update
- menyediakan segala kebutuhan pakaian dan juga aksesoris pelengkap lainnya
Editorial Plan :
Seorang mahasiswi semester 2 dengan jurusan Administrasi
Bisnis Internasional di Institut STIAMI yang dalam pengerjaan tugas Kewirausahaan, jika teman-teman
mimiliki kritik dan saran silahkan dikomentar ya. Terimakasih sudah meluangkan
waktu kalian untuk membaca blog ini. semoga blog saya dapat memberikan anda
banyak pengetahuan lebih lagi.
-xvr-
Komentar
Posting Komentar