Merencanakan Usaha Thrift Shop Menggunakan Business Model Canvas

 Halo apa kabar semua? Semoga keadaan kita sehat selalu ya, pada Blog kali ini saya akan memberikan sebuah pengetahuan tentang apa sih BMC (Business Model Canvas) itu? Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Pada Zaman milenial saat ini fashion memang tidak pernah ada matinya ada saja trend yang membuat sebagian orang ingin mengikutinya. Hal ini menjadi peluang bagi sebagian orang jika mereka benar- benar melihatnya sebagai sebuah awalan untuk membuka sebuah usaha untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Kita bisa juga mencoba dengan menerapkan salah satu contoh bisnis model canvas thrift shop.

Pasti disini kalian bertanya atau mungkin sebagian dari kalian sudah tau apa sih thrift shop itu? Sesuai dengan namanya thrift berarti penghematan atau cara dalam penggunaan uang dengan menghindari pemborosan dan shop berarti toko. Thrift shop ialah toko yang menjual barang-barang bekas dari luar maupun dalam negeri. Akan tetapi, dalam bisnis thrift shop apapun barang serta nama brandnya, selama barang bekas tersebut berkondisi baik dan layak untuk dipakai dapat diperjualbelikan 



Dan sekaran kita akan membahas bagaimana merencanakan usaha thrift shop menggunakan BMC (Business Model Canvas), BMC menurut Wikipedia ialah suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas lukisan, agar dapat dimengerti dan dipahami dengan  mudah. Model ini digunakan untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah, suatu model bisnnis agar mampu menghasilahkan kinerja yang lebih optimal. BMC terdiri dari 9 elemen, sebagai bentuk strategi dalam menjalankan bisnis. Dan pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas bagian-bagian dari strategi usaha Thrift Shop ini.

Lalu, bagaimana contoh BMC dari usaha Thrift Shop ini? Sekarang mari kita lihat contoh dari BMC yang telah saya buat dan akan kita bahas lagi bagian-bagian dari 9 elemen yang telah dibicarakan.


1.      Value Proposition

Pada dasarnya, value  proposition sendiri merupakan nilai atau value yang kita tawarkan untuk pelanggan. Kelebihan dan keunggulan produk kita dibanding pesaing adalah hal yang harus dituliskan di value proposition. Keunggulan dari usaha thrift shop ini ialah anda dapat membeli baju bekas dengan kualitas seperti baju baru dan juga baju thrift shop ini sangat rama dikantong kalangan anak muda saat ini.

 

2.      Costumer Segments

Setelah mengisi value proposition, langkah kedua ialah mencari orang-orrang yang mungkinakan tertarik dengan value yang kita tawarkan. Costumer segments adalah penggolongan orang-orang yang mungkin tertarik dengan value proposition bisnis kita. Dalam hal ini pada usaha Thrift Shop costumer segmentsnya focus pada kalangan anak muda baik pria maupun wanita kisaran umurr 16 tahun dan juga para orang dewasa

 

3.      Costumer Relationship

Costumer relationship adalah cara-cara yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan costumer segments. Biasanya, orang-orang yang bingung membedakan anatara costumer relationship atau chanenels. Kata kuncinya adalah relationship. Customer relationship soal hubungan, kalau channel soal cara Anda menjangkau customer segments. Pada costumer relationship ini bisa dikatakan juga dnegan sebagai pendekatan baik anatar penjual dan costumers. Pada usaha yang akan saya rencanakan ini Thrift shop melakukkan pendekatan ketika anda membeli baju 3 apa saja anda akan mendapatkan diskon hingga 30%.

 

4.      Channels

Pada dasarnya channels adalah cara Anda menjangkau customer. Tidak terbatas pada distribusi, tapi juga hal lainnya yang menyebabkan bisnis Anda dan customer bisa bersentuhan. Channels yang digunakan pada Thrift shop ini yaitu social media seperti, Shoope, Instagram, Whatsapp. Karena pada saat ini social media benar-benar membantu bisnis dikarenakan setiap orang mengaksesnya setiap hari, mudah dijangkau dan juga memudahkan orang yang ingin membeli sesuatu tetapi malas keluar rumah dan terdapat benefitnya yaitu seseorang telah membeli dapat memberikan reviewnya dan dapat membuat orang lain yakin untuk membeli juga.

 

5.      Key Activities

Kolom key activities harus diisi dengan kegiatan wajib yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan value proposition yang ditawarkan. Aktivitas yang dijalankan pada usaha Thrift shop ini ialah memilah pakaian yang layak dijual lagi, kemudian melaundrynya, dan melakukakn penjualanan.

 

6.      Key Resources

Key resources adalah hal-hal paling penting yang harus Anda punyai agar key activities bisa dijalankan dan value proposition bisa diberikan pada customer. Key Resources yang akan dijalankan pada usaha ini ialah Stand jualan, dan juga Kios untuk berdagang atau menjualankan usaha Kewirausahaan ini.

7.      Key Partners

Key partners adalah pihak-pihak yang bisa anda ajak kerjasama dengan tujuan agar usaha anda dikenal luas. Yaitu agen Thrift shop dan juga pabrik konveksi yang menjual pakaian yang tidak lolos pemeriksaan pabrik atau sebagainya

 

8.      Cost Structure

Cost structure adalah rincian biaya-biaya terbesar yang harus Anda keluarkan untuk melakukan key activities dan menghasilkan value proposition. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan dalam usaha ini adalah sewa kios, pembelian karungan pakaian, gaji karyawan, hasil dari penjualanan, dan biaya laundry.

 

9.      Revenue Stream

Revenue stream dalam BMC akan kita isi dengan berbagai cara untuk menghasilkan keuntungan dari value proposition kita. Bahasa kasarnya: cara kita mendapatkan duit. Revenue stream dalam usaha ini adalah adanya transaksi penjualanan dan juga memasang iklan agar dapat menarik costumers

 

 Setelah pembahasan ini saya harap para pembaca sekalian juga bisa mengembangkakn rencana usaha kalian dalam BMC (Business Model Canvas) ini siapa tahu jikalau anda memiliki peluang sebagai seorang pembisnis yang hebat. 

Seorang mahasiswi semester 2 dengan jurusan Administrasi Bisnis Internasional di Institut STIAMI, jika teman-teman mimiliki kritik dan saran silahkan dikomentar ya. Terimakasih sudah meluangkan waktu kalian untuk membaca blog ini. semoga blog saya dapat memberikan anda banyak pengetahuan lebih lagi.

-xvr-

Komentar